fbpx
Jasa Admin Sosmed
5 Pilar Wajib bagi Seorang Business Development Manager - Jasa Admin Sosmed - Jasa Admin Instagram
1654
post-template-default,single,single-post,postid-1654,single-format-standard,bridge-core-1.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode_grid_1400,side_area_uncovered_from_content,footer_responsive_adv,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-18.2.1,qode-theme-bridge,disabled_footer_top,wpb-js-composer js-comp-ver-6.0.5,vc_responsive,elementor-default
 

5 Pilar Wajib bagi Seorang Business Development Manager

Business Development Manager

5 Pilar Wajib bagi Seorang Business Development Manager

5 Pilar Wajib bagi Seorang Business Development Manager – Keren enggak sih kalau punya pekerjaan sebagai BDM (Business Development Manager)? Keren banget dong, apalagi kalau brand atau perusahaan yang ditangani sukses mewujudkan visi dan misi nya. Tentu sebagai seorang BDM wajib banget memahami proses pembuatan perencanaan bisnis sampai pada proses eksekusi nya.

Business Development Manager memiliki peranan besar dalam perkembangan bisnis dari sebuah perusahaan, baik dari sisi internal maupun sisi eksternal. Mulai dari membuat bagaimana keseluruhan anggota tim bisa merasakan memiliki perusahaan, sampai membuat bagaimana orang dapat melihat masa depan yang baik saat memutuskan menjadi klien atau customer perusahaan.

Sebagai seorang yang memiliki profesi sebagai BDM dari brand Jasa Admin Sosmed, ada beberapa hal yang biasa saya sebut sebagai “pilar” yang wajib dimiliki oleh seorang Business Development Manager. Apa saja sih? Ini dia pilar wajib yang saya maksud:

 

  1. Menyusun Target dan Strategi Jangka Panjang Perusahaan

Sebuah perusahaan bisa berkembang dengan baik dan ketika memiliki target yang terukur, sehingga dapat dibuat strategi jangka panjang yang efektif dan efisien untuk diterapkan. Misalnya ketika sebuah perusahaan memiliki target menjadi perusahaan yang dapat mengembangkan SDM, maka strategi jangka panjang perusahaan yang harus diterapkan ialah strategi yang selalu melibatkan keseluruhan SDM dalam proses perkembangan perusahaan.

Sandra Nurdiansyah sebagai BDM di Jasa Admin Sosmed pun telah menyusun target perusahaan untuk menjadi mitra pengelolaan media sosial terpercaya bagi para pemilik bisnis, baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Dalam bentuk strategi pun saya mencoba melibatkan keselurahan tim saya dalam proses teknis maupun aktivasi perusahaan, guna membuat semua anggota tim menjadi ahli di bidang kerjanya masing-masing.

  1. Membangun Hubungan Baik dengan Tim dan Klien

Perusahaan yang hebat pasti dibangun oleh tim yang hebat, maka dari itu menjadi hal yang wajib bagi perusahaan untuk bisa membangun tim yang solid dan mampu membantu perusahaan mewujudkan visi, misi dan mimpi bersama. Ini merupakan tugas yang wajib dilaksanakan oleh seorang BDM.

Selain itu, BDM juga harus mampu membangun hubungan baik dengan klien perusahaan. Sehingga membuat perusahaan memiliki citra yang baik di mata klien perusahaan dan membangun branding dari perusahaan.

Dalam proses menjaga hubungan baik dengan tim di Jasa Admin Sosmed, saya membuat beberapa program yang memiliki target untuk menjalin rasa kerjasama yang solid antar tim, dengan fokus menjaga koordinasi dan komunikasi kerja. Sedangkan untuk membangun hubungan baik dengan klien, saya memiliki Client Relation Officer (CRO) yang menjadi jembatan komunikasi antara brand Jasa Admin Sosmed dengan klien-kliennya.

 

 

Business Development Manager

Business Development Manager

  1. Mengidentifikasi Peluang Bisnis

Agar perusahaan dapat berkembang baik, maka BDM harus pintar dalam mengidentifikasi peluang bisnis yang sesuai dengan arah bisnis perusahaan, sehingga dapat menjadi sumber income yang baru bagi perusahaan.

Hal ini pun sedang saya inkubasi di Jasa Admin Sosmed, ada beberapa bentuk bisnis turunan dari bisnis utama JAS sebagai social media management service. Salah satu di antaranya ialah buzzer management untuk memenuhi kebutuhan dari beberapa klien saya, yup adanya peluang bisnis memang ditentukan oleh demand yang masuk ke perusahaan kita.

  1. Melakukan Negosiasi Bisnis

Proses negosiasi bisnis yang baik wajib dimiliki oleh seorang BDM, sehingga setiap target perusahaan dapat terealisasikan dengan baik. Untuk itu, seorang BDM pun harus memiliki cara dan teknis berkomunikasi yang baik secara tertulis maupun verbal untuk memudahkan dalam proses negosiasi bisnis.

Dalam penanganan negosiasi bisnis saya pun beberapa kali turun tangan, namun karena saat ini perusahaan saya memiliki tim marketing & sales, ranah kerja yang saya lakukan pun sebatas pada sales meeting saja untuk beberapa calon klien yang membutuhkan informasi yang cukup detail mengenai digital activation yang dikelola oleh Jasa Admin Sosmed.

Baca: Content Planner? Pekerjaan Macam Apa Ini?

  1. Memonitor Perkembangan Pasar

 Perkembangan pasar berlangsung begitu masif, seorang BDM harus intens dalam memonitor perkembangan pasar. Selain harus memahami demografi pasar sesuai bisnis yang dijalankan, BDM juga harus memahami bagaimana arah trendforecast dari bisnis perusahaan. Hal ini pun berkorelasi dengan proses identifikasi bisnis yang sebelumnya telah dibahas.

Seperti yang saya lakukan saat ini di Jasa Admin Sosmed, saya tidak pernah berhenti untuk selalu memonitor perkembangan pasar, baik dari para kompetitor maupun dari aspek trendforecast media sosial yang sedang naik daun untuk dijadikan target bisnis yang baru.

Proses monitor ini saya lakukan online dan offline, online dengan cara “kepo” dengan berbagai macam aktivitas digital yang dilakukan kompetitor, sedangkan offline dengan cara melakukan kopi darat dengan beberapa relasi kerja saya yang bekerja di bidang digital.

Itulah 5 pilar wajib bagi seorang Business Development Manager, semoga dapat menjadi manfaat bagi Anda yang membaca. Oh iya, bagi yang tertarik untuk mengetahui Jasa Admin Sosmed lebih lanjut, yuk langsung saja hubungi kontak di bawah ya.

No Comments

Post A Comment

Open chat
Halo, Saya ingin bertanya mengenai Jasa Admin Sosmed :)
Powered by