fbpx
Jasa Admin Sosmed
Cara Iklan di Instagram Menggunakan Instagram Ads - Jasa Admin Sosmed - Jasa Admin Instagram
1673
post-template-default,single,single-post,postid-1673,single-format-standard,bridge-core-1.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode_grid_1400,side_area_uncovered_from_content,footer_responsive_adv,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-18.2.1,qode-theme-bridge,disabled_footer_top,wpb-js-composer js-comp-ver-6.0.5,vc_responsive,elementor-default
 

Cara Iklan di Instagram Menggunakan Instagram Ads

Cara Iklan di Instagram Menggunakan Instagram Ads

Cara Iklan di Instagram Menggunakan Instagram Ads

Cara Iklan di Instagram Menggunakan Instagram Ads – Tidak mengherankan jika saat ini banyak pebisnis yang memanfaatkan Instagram sebagai media iklannya atau promosi. Instagram memiliki fitur iklan bernama Instagram Ads sebagai salah satu sarana social media marketing dan fitur ini sebagai alternatif baru yang dapat membantu memasarkan produkmu.

Namun masih banyak para marketers yang belum bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, karena belum atau tidak mengetahui bagaimana cara memasang iklan melalui Instagram Ads. Maka dari itu, suatu keputusan yang tepat untuk kamu membaca artikel ini karena akan dibahas mengenai cara iklan di Instagram menggunakan Instagram Ads.

Cara Iklan di Instagram

Tentu setelah menggunakan fitur iklan di Instagram ini banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan. Untuk itu, simak penjelasan berikut yuk!

 

Cara Iklan di Instagram Menggunakan Instagram Ads

 

  1. Pastikan Akun yang Digunakan adalah Instagram Bisnis

Langkah awal sebelum membuat iklan melalui Instagram adalah pastikan terlebih dahulu akun Instagram sudah diubah menjadi akun bisnis dan akan terhubung juga dengan akun Facebook fanpage. Karena dengan akun Instagram bisnis terdapat fitur-fitur yang dapat menunjang kebutuhan dalam strategi bisnismu. Salah satunya fitur Instagram Ads. Beda halnya dengan akun personal yang memang bisa di private. Akun bisnis tidak bisa di private dan bersifat public.

  1. Pilih Konten yang Menarik

Pilihlah salah satu konten yang paling menarik dan siap untuk diiklankan. Pilih konten yang dapat membawa pengaruh besar untuk keberhasilan bisnismu. Misalnya konten produk terbaru, mengadakan sebuah event, adanya diskon besar-besaran dan lain sebagainya.

Kamu bisa membuatnya terlebih dahulu lalu menguploadnya ke akun Instagram bisnismu. Ada hal penting yang harus diperhatikan adalah dari segi visual dan copywritingnya. Untuk visual bisa berupa foto, gambar ataupun video.

Pastikan dari segi visual benar-benar dibuat menarik serta dalam pembuatan copywriting pun disajikan menarik dan dapat memancing audience untuk interaksi dengan iklanmu. Tetap cantumkan Call to Action untuk mengajak audience agar mau bertindak atas iklan tersebut.

Setelah itu, jika sudah memutuskan konten mana yang ingin diiklankan dan telah menguploadnya, kamu tinggal meng-klik tombol “promosikan” pada bagian kanan bawah pada feeds Instagram bisnismu.

  1. Tentukan Goals

Setelah kamu menekan tombol “promosikan”, selanjutnya kamu akan memilih salah satu tujuan. Akan dibawa kemanakah halaman iklan tersebut? Kamu akan diberikan 3 pilihan tempat untuk mengarahkan target audience yaitu Profile-mu, Situs Web-mu dan Etalase-mu.

Nah, ketika kamu memilih Profile-mu, maka target audience akan diarahkan ke akun Instagram bisnismu. Tentu saja audience dapat melihat dan mengunjungi konten-konten yang telah kamu upload. Pilihan ini sangat cocok untuk mengenalkan produkmu, meningkatkan branding maupun followers.

Jika kamu memilih Situs Web-mu, maka kamu bisa menggunakan iklan yang berbentuk artikel. Pada akhirnya akan diarahkan ke website-mu. Pilihan terakhir yaitu Etalase-mu yang tujuannya agar audience langsung melakukan interaksi dengan iklanmu. Seperti telepon sekarang, beli sekarang dan lain sebagainya. Pilihan Etalase-mu ini cocok sekali jika tujuanmu untuk mengonversi konsumen.

  1. Target Audience

Dalam menentukan target audience, kamu akan dihadapkan dua pilihan yaitu “otomatis” dan “buat milik sendiri”. Bagaimana maksudnya? Jika kamu memilih pilihan otomatis, maka akan secara otomatis Instagram menargetkan iklanmu kepada orang-orang yang serupa dengan follower akun Instagram-mu. Selain itu, akan menargetkan juga pada orang yang pernah berinteraksi dengan kontenmu atau pun yang tertarik melihat-lihat isi konten Instagram-mu.

 

kenali target audience

 

Adapun jika kamu memilih pilihan buat milik sendiri, maka kamu akan diarahkan pada halaman yang memintamu untuk men-settingnya. Seperti apa? Kamu diminta untuk memasukkan informasi lokasi, usia, jenis kelamin dan minat dari target audience. Karenanya kamu harus mengetahui informasi tadi. Nah, setelah kamu melakukan setting pada bagian ini, maka akan muncul jumlah potensi orang yang dapat dijangkau oleh iklanmu.

  1. Budget Iklan di Instagram

Setelah menentukan target audience, kamu harus menentukan jumlah budget yang dikeluarkan untuk iklan. Kamu bisa memilih budget mulai dari 10.000 per hari hingga 10.000.000 per hari. Selain budget, kamu juga bisa menentukan jumlah durasi iklan. Kamu bisa memilih durasi penayangan iklan mulai dari 1 hari sampai 30 hari atau hampir 1 bulan lamanya.

Jumlah budget yang kamu keluarkan sangat mempengaruhi jumlah audience. Sebagai contoh jika kamu memilih budget 10.000 per hari maka jumlah audience yang dapat dijangkau sekitar 1000 hingga 3000 orang. Semakin banyak budget yang dikeluarkan, maka jangkauan audience-mu semakin banyak pula.

  1. Reviewlah Hasil Preview Iklan

Ini merupakan langkah terakhir. Kamu perlu mereview dan menjalankan iklan kembali sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Oh ya, untuk pembayaran ads ini Instagram menyedikan 2 metode pembayaran yaitu menggunakan kartu kredit atau debit.

Tombol terakhir yang harus kamu pilih yaitu Buat Promosi lalu iklan akan berjalan. Kamu juga perlu memilih Tampilan Contoh Promosi dan selanjutnya kamu akan diarahkan pada pilihan kabar berita dan story. Pada kabar berita dan story ini kamu akan melihat bagaimana tampilan konten iklanmu. Hal ini tentu bermanfaat sekali untuk mereview ulang sebelum sebuah iklan dijalankan kembali.

Kelebihan Instagram Ads

Itulah cara iklan di Instagram menggunakan Instagram Ads. Mudah untuk diikuti bukan? Untuk pemula kamu bisa ikuti langkah-langkah di atas ya. Masih ragu untuk beriklan di Instagram? Kamu harus tahu dulu kelebihan Instagram Ads, ini dia kelebihannya:

  1. Sebagai Sarana untuk Meningkatkan Brand Awareness

Instagram Ads merupakan sarana yang tepat untuk kamu melakukan branding. Yup, bagi kamu seorang pebisnis baru maupun pebisnis lama tentu peningkatan branding merupakan hal penting Ketika kamu membuat Instagram Ads, kamu akan ditanyakan terlebih dahulu apa sih tujuanmu untuk membuatnya.

Nah, salah satu tujuan tersebut yaitu meningkatkan brand awareness. Dengan begitu, Instagram akan dengan mudah menargetkan pengguna yang tepat serta cocok dengan iklanmu.

  1. Meningkatkan Traffic Website Bisnismu

Ketika kamu membuat Instagram Ads, maka kamu akan diminta URL Website dengan tujuan untuk mengarahkan para calon pengunjung atau customer ke website-mu. Jangan lupa untuk mencantumkan button Call to Action seperti Beli Sekarang atau Shop Now dan lain sebagainya. Apabila diklik maka akan mengarahkan ke website-mu.

  1. Meningkatkan Profit dan Penjualan yang Potensial

Ketika target audience-mu tepat dan sesuai dengan bisnismu, maka akan menaikkan penjualanmu. Tentu itulah yang diharapkan bukan? Dengan adanya Instagram Ads ini dapat membantumu serta memudahkan dalam mendapatkan target pasar yang lebih luas lagi.

  1. Target Iklan Lebih Spesifik

Dalam penayangan iklan ini disesuaikam dengan target audience dan Instagram Ads memiliki penargetan yang akan memberikan suatu informasi para pengguna Instagram secara lebih spesifik. Apa saja informasi yang ditargetkan? Instagram melakukan penargetan mulai dari demografi si pengguna, usia, jenis kelamin, pekerjaan, minat atau ketertarikan dan lain-lain. Jadi, target yang telah ditentukan itu, akan memudahkan iklan tersebut muncul secara langsung di timeline audience-mu.

Nah, itulah kelebihan dari Instagram Ads. Strategi bisnis yang dapat membawa keuntungan bukan? Karena hasil dari penggunaan Instagram Ads ini untuk mengonversi konsumen. Jadi strategi penggunaan Instagram Ads ini sangat cocok untuk perkembangan potensial bisnismu.

Terlebih jika targetmu merupakan generasi milenials yang menjadikan internet dan social media khususnya Instagram sebagai sumber informasi suatu produk atau pun jasa yang mereka incar.

Baca: 5 Pilar Wajib bagi Seorang Business Development Manager

Maka dari itu, Instagram Ads ini bisa kamu gunakan sebagai salah satu langkah untuk sukses dalam berbisnis. Selamat mencoba ya, semoga informasi ini dapat membantu dalam strategi pengembangan potensial bisnismu. Good luck!

No Comments

Post A Comment

Open chat
Halo, Saya ingin bertanya mengenai Jasa Admin Sosmed :)
Powered by