fbpx
Jasa Admin Sosmed
Cara Membuat Caption Menarik di Instagram yang Memancing Like dan Komen - Jasa Admin Sosmed - Jasa Admin Instagram
1685
post-template-default,single,single-post,postid-1685,single-format-standard,bridge-core-1.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode_grid_1400,side_area_uncovered_from_content,footer_responsive_adv,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-18.2.1,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.0.5,vc_responsive
 

Cara Membuat Caption Menarik di Instagram yang Memancing Like dan Komen

Cara Membuat Caption Menarik di Instagram yang Memancing Like dan Komen

Cara Membuat Caption Menarik di Instagram yang Memancing Like dan Komen

Cara Membuat Caption Menarik di Instagram yang Memancing Like dan Komen – Pernahkah kamu melihat suatu postingan Instagram yang seringkali kebanjiran like dan komentar? Suatu postingan tersebut bisa kebanjiran like dan komentar dikarenakan sajian dari konten visual yang bagus dan menarik serta pengaruh dari caption.

Antara konten visual dengan caption itu merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya bisa saling menyempurnakan. Coba bayangkan apabila suatu postingan Instagram disajikan tanpa sebuah caption? Hanya visual desain saja yang ditampilkan.

Seberapa menariknya visual desain tersebut apabila tidak ada suatu informasi yang jelas atau detail mengenai visual terkait pasti orang pun akan bertanya-tanya. Begitupun sebaliknya, jika hanya informasi dari caption tanpa visual yang disajikan pun maka rasanya kurang afdol.

Nah, maka dari itu kamu perlu mengetahui cara membuat caption menarik di Instagram. Apalagi jika kamu seorang pebisnis, tentu akun Instagram bisnismu itu sangat membutuhkan engagement dari audience termasuk like dan komentar bahkan sampai pada closing penjualan. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai  cara membuat caption menarik untuk postingan Instagram-mu. Simak sampai tuntas ya!

Dalam membuat caption ini merupakan bagian dari sebuah proses copywriting. Inti dalam copywriting itu adalah semakin mengenal polanya, maka semakin mudah mendapatkan hasilnya. Nah, begitu pun dengan cara membuat caption yang menarik, kamu harus tahu terlebih dahulu polanya seperti apa agar menghasilkan kata-kata yang bisa mengonversi konsumen untuk bisnismu. Bukankah ini merupakan bagian dari strategi content marketing?

Cara Membuat Caption Menarik di Instagram

Cara membuat caption menarik ini tentunya kamu harus mengetahui polanya terlebih dahulu yang terdiri dari:

  1. Headline

Pastikan dalam membuat sebuah headline harus mengundang kesan ketertarikan.  Dalam headline gunakan kata-kata yang membuat orang ingin mengetahui lebih lanjut tentang informasi yang disajikan atau mengundang rasa penasaran. Coba buatlah headline ketika orang membacanya saja dapat menimbulkan aksi untuk mau membaca caption lebih lanjut. Idealnya, orang akan tertarik dengan caption-mu apabila dalam 2 kali kedipan mata atau selama 8 detik mampu menimbulkan aksi dan melanjutkan untuk membaca caption sampai tuntas.

  1. Penawaran

Kamu sebagai penjual jasa atau produk harus tahu apa yang menjadi masalah pembaca atau calon konsumenmu. Secara tidak langsung kamu harus pandai memahami psikologi manusia. Kamu harus tahu masalah mereka, apa yang diinginkan oleh mereka, dan kamu memberi tahu bahwa kamu mempunyai solusinya atas permasalahan tersebut. Dalam penawaran pun terbagi menjadi beberapa bagian yang saling menyempurnakan, diantaranya:

  • Pengantar

Sebuah kata-kata pengantar ini dibuat dengan tujuan untuk membangun kedekatan dengan pembaca, kamu bisa melakukannya dengan cara menyapa, tanya kabar atau pun memperkenalkan brand kamu. Sebuah pengantar ini sesuaikan dengan gaya bahasa yang cocok untuk karakter brand kamu serta target pasarmu.

  • Deskripsi Produk/Jasa

Berikan informasi kepada pembaca atau calon konsumenmu tentang produk/jasa yang hendak dijual. Jelaskan secara detail dan tunjukkan kepada mereka bahwa produk/jasamu mampu memberikan solusi untuk segala permasalahanmu. Apabila tidak detail, ada kemungkinan pembaca akan ragu untuk membeli produk atau menggunakan jasa-mu.

  • Detail Manfaat

Jelaskan secara detail manfaat dari produk/jasa yang kamu jual kepada mereka. Jelaskan benefitnya bukan hanya fiturnya saja. Dengan pembaca mengetahui manfaat dari produk/jasamu tentu saja bisa memecahkan permasalahan mereka serta akan mendapatkan solusi.

  1. Alasan

Setelah mengetahui manfaatnya, tentu kamu harus lebih meyakinkan lagi para calon konsumen. Jelaskan mengapa orang harus membeli produk/jasa kamu. Kemampuan kamu untuk menjelaskan alasan ini harus lebih kuat mempengaruhi psikologi manusia.

Kamu harus meyakinkan mereka, kenapa produk/jasamu lebih baik daripada produk/jasa kompetitor yang sejenis? Kenapa mereka harus membeli produk/jasamu? Kenapa mereka harus percaya? Kenapa mereka harus beli sekarang juga, tidak besok atau kapan-kapan lagi? Jika calon pembeli memutuskan untuk membeli produk/jasamu berarti alasanmu sudah cukup kuat.

  1. Bonus

Bonus merupakan sesuatu yang kamu berikan diluar produk utama yang kamu tawarkan. Bukankah dengan adanya bonus akan semakin menguatkan calon konsumen untuk membeli produk/jasamu? Jika kamu menjual produk/jasa utamanya saja tanpa memberikan bonus tertentu, maka tidak cukup membuat calon konsumen membeli produk/jasamu. Pastikan bonus yang kamu berikan ada nilainya, relevan dan berkualitas.

  1. Testimony

Dengan adanya testimony secara tidak sadar akan meningkatkan konversi penjualan produk/jasamu. Semakin banyak testimony dari konsumen yang menggunakan produk/jasamu itu, maka akan semakin dipercaya. Bukankah setiap orang butuh sebuah kepastian? Jika mereka melihat konsumen lamamu memberikan testimony, maka dapat menyakinkan calon konsumen baru bahwa produk/jasamu benar-benar berkualitas.

  1. Garansi

Tahukah kamu betapa pentingnya garansi atau jaminan pada sebuah produk/jasa? Tentu hal ini akan lebih meyakinkan konsumen bahwa barang/jasa yang dibeli berkualitas baik. Dengan adanya garansi kemungkinan orang untuk  ragu akan sirna karena garansi yang kamu berikan dapat menyentuh frustasi terbesar yang dialami oleh mereka. Bukahkah ketakutan terbesar pada seorang pembeli adalah rasa takut dibohongi atau ditipu?

  1. Call To Action

Dengan adanya Call To Action ini bertujuan agar calon konsumen melakukan action sesegera mungkin untuk memesan atau memberi produk/jasa yang kamu tawarkan. Hal yang harus kamu perhatikan dalam CTA ini diantaranya tulis lebih dari satu kali karena akan memberikan efek hipnotis, berikan satu perintah dalam satu penawaran, gunakan kalimat yang to the point, tidak berbelit, dan instruksikan mereka untuk beli sekarang juga tanpa menunda lagi.

Adapun beberapa contoh frasa Call To Action yang bisa kamu cantumkan dalam caption, seperti:

  • Beli sekarang juga!
  • Untuk pemesanan klik di sini!
  • Jadi, tunggu apalagi? Klik di sini!
  • Daripada hanya membacanya, kenapa tidak….

  1. N.B

N.B merupakan singkatan dari Nota Bene. Dalam N.B sebaiknya menyebutkan kenapa pembaca harus mengambil keputusan sekarang juga, dan tidak menundanya lagi. Nah, contoh frasa dalam N.B seperti:

– Siapa cepat, dia dapat!

– Lebih dari 2000 orang sudah merasakan manfaat dari produk ini. Kini giliranmu yang merasakan!

– Ayo beli sekarang juga, jangan sampai kehabisan barang promo ini!

Itulah beberapa point atau kerangka dalam membuat caption yang baik dan menarik. Akan tetapi ada hal yang harus kamu ingat bahwa penyajian caption itu merupakan kata-kata yang menjual. Harus dipastikan kata-kata serta gaya bahasa pun menyesuaikan dengan target pasarmu.

 

Cara Membuat Caption Menarik di Instagram yang Memancing Like dan Komen

 

Jika kita membandingkan target pasar antara millenials dengan orang dewasa tentu gaya bahasa yang digunakan akan berbeda. Begitupun juga dengan produk/jasamu dikhususkan untuk laki-laki saja atau perempuan saja, tentu harus disesuaikan.

Selain itu, sajikan caption dengan singkat, jelas dan tidak bertele-tele. Pastikan 8 point penting di atas sudah terdapat dalam caption-mu. Kemas dengan alur yang detail dan menarik. Pastikan orang ingin membaca sampai tuntas. Feedbacknya dari caption yang menarik akan kebanjiran like dan komentar, harapan terbesarnya adalah ketika seseorang memutuskan untuk membeli produk/jasamu. Tentu itu tujuan utamanya dari seorang pebisnis bukan?

Baca: Cara Membuat Akun Instagram Bisnis Beserta Kelebihannya

Dalam penulisan caption jangan lupa untuk memperhatikan EYD yang baik dan benar, pastikan pula jangan sampai ada yang typo atau salah penulisan. Sesuaikan juga antara caption dengan visual yang disajikan, jangan sampai tidak ada hubungannya. Tidak kalah pentingnya lagi yaitu gunakan hashtag di akhir penulisan caption. Hashtag ini tentu memberikan dampak yang sangat luar biasa pada konten yang kamu posting.

Nah, adapun hal lain yang harus kamu perhatikan juga agar caption yang kamu posting terlihat menarik dan rapi adalah dengan memberi line break atau space pada setiap paragraf. Line break memiliki fungsi memisahkan beberapa kalimat sehingga akan membentuk sebuah paragraf. Bukankah sebuah tulisan akan enak dipandang dengan adanya sebuah paragraf?

Nah, cara enter di caption Instagram kamu bisa melakukannya dengan menggunakan sebuah aplikasi Instagram Line Break Generator. Jadi, cara enter di caption Instagram kamu hanya mengcopy tulisan caption yang sudah dibuat lalu paste ke aplikasi tersebut. Setelah itu lihatlah di atas kotak yang berisi tulisan caption, jika ada keterangan converted dan tanda ceklis 1 berwarna hijau tandanya tulisan caption-mu sudah dilengkapi dengan line break di setiap paragraf.

Untuk siap posting, kamu tinggal click Copy to Clipboard pada pojok kanan atas. Lalu paste di laman kotak khusus caption pada Instagram yang akan kamu posting. Mudah bukan? Nah, itulah penjelasan mengenai cara membuat caption menarik di Instagram yang memancing like dan komentar. Selamat mencoba ya, semoga artikel ini bermanfaat.

No Comments

Post A Comment

Open chat
Halo, Saya ingin bertanya mengenai Jasa Admin Sosmed :)
Powered by