fbpx
Jasa Admin Sosmed
Cara Membuat Filter Instagram yang Unik dan Keren - Jasa Admin Sosmed - Jasa Admin Instagram
1699
post-template-default,single,single-post,postid-1699,single-format-standard,bridge-core-1.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode_grid_1400,side_area_uncovered_from_content,footer_responsive_adv,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-18.2.1,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.0.5,vc_responsive,elementor-default
 

Cara Membuat Filter Instagram yang Unik dan Keren

Cara Membuat Filter Instagram yang Unik dan Keren

Cara Membuat Filter Instagram yang Unik dan Keren

Cara Membuat Filter Instagram yang Unik dan Keren – Kini Instagram memberikan kesempatan kepada para penggunanya untuk berkreasi dengan filter buatannya sendiri. Selain bisa membagikan foto dan video dengan mudah, fitur Instastory memiliki beragam filter yang seru, unik dan keren untuk dicoba-coba. Apalagi kini orang berbondong-bondong untuk menggunakan filter dari creator filter Instagram atau dari hasil filter Instagram buatannya sendiri.

Instagram memang menyediakan banyak filter yang bisa kamu gunakan, tapi kenapa tidak untuk berkreasi membuat filter sendiri? Pasti kamu penasaran dong bagaimana cara membuat filter Instagram yang unik dan keren? Keputusan yang tepat untuk kamu mengetahui lebih lanjut dan membaca sampai tuntas artikel ini. Ini dia caranya:

  1. Unduhlah aplikasi Spark AR Studio terlebih dahulu. Jika selesai mengunduh, login ke Spark AR Studio dengan akun Facebook yang telah terhubung dengan akun Instagram.
  2. Sebagai contoh suatu filter saja, kamu siapkan obyek berupa gambar corak atau topeng seperti sticker yang tanpa background dengan format PNG atau jenis lainnya yang mendukung.
  3. Buka aplikasi Spark AR Studio dan selanjutnya klik ‘Create Project’ dan kamu akan menemukan bagian ‘Scene’ di sebelah kiri layar.
  4. Klik ‘Add Object’ pada bagian tersebut, lalu pilih fitur ‘Face Tracker’ yang akan mendeteksi orientasi dan posisi wajah pengguna saat filter digunakan nantinya.
  5. Klik ‘Insert’, lalu kamu akan menemuka obyek baru ‘faceTracker0’ pada bagian Scene.
  6. Klik kanan pada obyek baru tersebut, selanjutnya pilih ‘Add’, dan pilih ‘Face Mesh’ untuk menambahkan model 3D yang akan merespons ekspresi wajah yang dilacak oleh Face Tracker.
  7. Tambahkan material berupa gambar PNG yang sebelumnya sudah kamu siapkan ke dalam Face Mesh. Caranya yaitu klik di bagian faceMesh0 yang ada pada bagian Scene, dan beralihlah ke bagian Inspector. Inspector yaitu menu-menu yang tampil di sebelah kanan layar.
  8. Cari menu Material, lalu klik tombol plus (+) yang berada di sebelahnya. Maka akan muncul asset bernama material0 di bagian Assets yang terletak di bagian bawah Scene.
  9. Klik pada asset tersebut, lalu ubahlah Shader Type pada bagian Inspector menjadi Face Paint dengan mengetuk menu dropdown di sebelahnya.
  10. Pilih tombol Choose File yang ada di samping menu Texture, dan pilihlah gambar yang sudah disiapkan.
  11. Simpan proyek tersebut dengan nama yang kamu inginkan. Kamu bisa pilih tombol Send untuk mencobanya, lalu memilih Send to App.
  12. Klik tombol Send pada bagian Instagram Camera dan tunggulah sampai prosesnya selesai. Apabila berhasil, kamu akan mendapatkan notifikasi dari akun Instagram.
  13. Ketuk notifikasimu untuk membuka filter yang berhasil dibuat dan gunakan filter tersebut untuk membuat stories. Kamu pun bisa mengunggahnya ke Spark AR untuk menerbitkannya di Instagram sehingga pengguna lain pun bisa ikut menikmati filtermu.

Cara Membuat Filter Instagram

Tampilan Spark AR Studio

 

Nah, itu dia cara membuat filter yang unik dan keren. Kamu bisa mencobanya dengan ikuti langkahnya ya. Kalau kamu merasa ribet untuk membuat filter sendiri, kamu bisa pakai filter hasil karya orang lain. Kamu bisa menggunakan beberapa filter Instastory yang baru-baru ini sedang marak digunakan. Nih, ada beberapa rekomendasi filter yang lagi hits untuk kamu:

  1. Filter Freckless dari @bdimitrov

Kebanyakan yang menggunakan efek freckless ini adalah seorang wanita. Bagaimana tidak hal ini justru terlihat unik. Banyak pengguna yang mengunggah filter ini di akun Instagram mereka sebagai ajang narsis. Efek freckless ini sering digunakan untuk selfie. Filter ini memberikan efek bintik-bintik hitam kecil berwarna coklat di wajah.

  1. Filter Pernah Ga? dari @ferdaysss

Salah satu efek filter yang sedang asik diuji coba oleh sebagian besar pengguna Instagram ini yaitu Pernah Ga? Cara menggunakannya tentu mudah, kamu bisa mengarahkan kamera story ke wajahmu atau temanmu. Lalu ketuk di layar untuk memulai pertanyaan Pernah Ga. Ketuk sekali lagi untuk mengganti pertanyaan. Begitu seterusnya. Asyik kan? Boleh dicoba tuh!

  1. Filter Don’t Blink dari @yana.mishkinis

Don’t Blink merupakan filter Instagram Stories yang mengharuskan wajah yang direkam tidak boleh berkedip selama mungkin. Semakin lama tidak berkedip maka semakin besar poinmu. Kamu bisa challenge temanmu dengan filter ini. Menarik bukan?

  1. Filter Sing A Song Quiz dari @aldisaw

Filter ini menjadi sebuah daya tarik sendiri. Kamu bisa menggunakan filter Sing A Song Quiz ini dengan cara melihat kata kunci yang muncul dari kamera yang kamu arahkan di atas kepalamu. Setelah muncul kata kunci, kamu harus bernyanyi dari kata awalan kata kunci tersebut. Mikirnya nggak pake kelamaan ya hehe karena waktu yang diberikan hanya 15 detik.

 

Cara Membuat Filter Instagram yang Unik dan Keren

  1. Filter Truth or Dare dari @aldisaw

Cara menggunakan filter ini sangat mudah. Kamu bisa memainkan filter Truth or Dare ini bersama teman, keluarga, atau siapa pun. Kamu tinggal mengarahkan kamera kepada lawan bermain, cukup memberikan pilihan Truth atau Dare kepada lawan bermain. Selanjutnya kamu membacakan pertanyaan yang muncul di kamera.

Itulah beberapa rekomendasi filter yang bisa kamu coba. Sebenarnya masih banyak sekali contoh efek atau filter lainnya. Di atas hanya beberapa sebagai contoh. Nah, untuk mendapatkan filter di Instagram kamu cukup gampang caranya. Ikuti langkah-langkah berikut yuk:

  1. Buka Instagram, lalu ketikkan username creator filter yang akan kamu gunakan. Contohnya seperti @aldisaw di pencarian.
  2. Setelah muncul nama Instagram tersebut kemudian klik, kamu juga bisa follow akun tersebut.
  3. Pada profil Instagram creator filter yang akan kamu coba terdapat tiga menu, kamu klik gambar berbentuk emote wajah.
  4. Lalu pilih postingan filter mana yang akan kamu coba, tinggal click Try It. Kamu juga bisa mendownloadnya lho. Apabila kamu menginginkan untuk membuat Instastory dengan efek atau filter itu lagi tinggal click filter tersebut karena sudah tersedia di koleksi filtermu.
  5. Kamu juga bisa mendapatkan filter-filter terbaru dengan cara melihat Instastory temanmu yang isinya menggunakan suatu efek atau filter tertentu. Apabila kamu ingin mencobanya tinggal klik saja pada keterangan filter dan creator di bagian atas. Kamu bisa ‘Try It’ dan ‘Save Effect’.
  6. Apabila kamu ingin melakukan pencarian beragam efek atau filter di Instagram, kamu bisa melakukan dengan cara klik icon kamera pada Instrastory di pojok kiri atas lalu lihatlah ke bawah yang terdapat kumpulan filter/efek yang kamu punya. Swipe ke kanan, sehingga kamu akan melihat paling ujung ada Browse Effects. Selamat, kamu telah menemukan banyak sekali efek atau filter yang unik dan lucu. Lakukan hal yang sama seperti step sebelumnya.
  7. Setelah kamu membuat foto serta video dari efek atau filter yang kamu gunakan, saatnya kamu mengunggah Instastory pada temanmu.

Itulah beberapa cara membuat filter Instagram yang lucu dan keren. Memang banyak sekali ya macamnya sehingga orang tidak akan bosan untuk terus mencoba. Bukankah dengan memakai filter Instagram konten Instastory-mu jadi lebih menarik?

Baca: Cara Membuat Cover Highlight Instagram yang Bagus dan Lucu

Kalau kamu seorang yang kreatif, boleh untuk mencoba buat filter Instagram sendiri. Bukankah menjadi suatu kebanggaan apabila filter hasil karyamu dikenal dan digunakan banyak orang? Semoga kamu salah satunya yang bisa jadi seorang filter creator tersebut!

No Comments

Post A Comment

Open chat
Halo, Saya ingin bertanya mengenai Jasa Admin Sosmed :)
Powered by